cara menghilangkan bau air comberan

Inilah 5 Cara Mengatasi Air Sumur Bau Comberan yang Ampuh

Jika Anda mengalami masalah air sumur bau comberan, maka Anda harus tahu bagaimana cara mengatasinya. Selain mendapat masalah berupa airnya berubah warna jadi kuning dan menjadi sangat keruh, terkadang masyarakat juga mendapat masalah berupa airnya bau comberan ini.

Meskipun masalah ini banyak terjadi di kalangan masyarakat yang punya sumur namun hal ini tidak wajar terjadi, karena sebenarnya ada pencegahan sejak awal untuk menghindari bau pada airnya. Cara pencegahan ini meliputi pembangunan sumurnya sejak awal.

Jadi jika Anda tahu bagaimana cara untuk mengatasi bau comberan ini sejak awal, maka mungkin saja kemungkinan mendapat masalah ini menjadi lebih kecil. Apalagi jika mendapat masalah seperti ini, sudah pasti Anda akan bingung karena air sumur jernih adalah kebutuhan paling utama.

Namun sebelum tahu bagaimana caranya, pastikan Anda mencoba mencari tahu dulu apa yang menyebabkan airnya menjadi bau comberan. Coba pahami penjelasan tentang alasan dan bagaimana cara mengatasi masalah bau comberan pada air berikut ini.

Kenapa Air Sumur Bau Comberan?

Siapa yang bisa tahan dengan bau pada sumur, terutama jika baunya adalah comberan. Tentu hal ini akan sangat mengganggu Anda dalam pemakaian airnya. Dilihat dari baunya tentu Anda juga akan berpikir bahwa sumurnya tidak layak dipakai untuk kebutuhan sehari – hari.

Biasanya orang akan memiliki kekhawatiran besar pada Kesehatan jika konsumsi air yang berbau aneh. Sehingga cara terbaik adalah dengan mengatasinya sampai benar – benar tuntas. Namun mungkin Anda belum tahu apa sebenarnya penyebab dari masalah ini.

✅Baca Juga:  Cara Menjernihkan Air Sumur Bor yang Kuning dan Berminyak

Penyebab utamanya adalah kandungan bakteri di dalam airnya terlalu banyak. Selain itu juga ada kandungan H2S yang turut menjadi penyebabnya. Banyaknya kandungan bakteri dan H2S tentu tidak akan membuat manusia sehat, apalagi jika airnya sampai diminum.

Namun penyebab lainnya yang juga sering terjadi adalah pembangunan sumur dekat dengan tempat pembuangan, misalnya septic tank atau tempat pembuangan lainnya. Sudah pasti di tempat pembuangan terdapat bakteri yang akhirnya merambat ke sumurnya.

Itu sebabnya, sebenarnya bau comberan pada air sumur ini bisa diatasi sejak awal yaitu dengan menjauhkan bor atau pembangunan sumurnya dari tempat pembuangan.

Jika Anda baru saja berpikiran akan membangun sumur, coba pahami dulu bagaimana trik membangunnya agar tidak terkena masalah ini. Jika sudah terlanjur membangun di dekat tempat pembuangan, barulah pakai cara – cara untuk mengatasinya.

Bagaimana Cara Mengatasi Air Sumur Bau Comberan?

air sumur bau comberan

Terdapat beberapa tips yang bisa diterapkan agar air sumurnya tidak bau comberan. Namun beberapa cara menghilangkan bau air sumur ini harus dilakukan sejak awal pembangunan sumurnya. Caranya adalah dengan memahami letak tempat pembuangan seperti septic tank dan lainnya sebelum bor sumur.

Setelah memahami di mana letaknya, pastikan Anda membuat jarak 10 meter atau lebih dari tempat pembuangan tersebut untuk bor. Jarak 10 meter merupakan jarak aman dan besar potensinya untuk dapat menghindari masalah seperti timbulnya bau comberan.

Setelah bor sumur, pastikan Anda membangun dinding sumurnya dengan beton yang kokoh. Tujuannya adalah untuk menghindari adanya kebocoran. Hal ini karena ketika terjadi bocor, bakteri atau senyawa lainnya bisa masuk dan menyebabkan masalah pada air sumurnya.

Dengan melakukan beberapa tips ini sejak awal, Anda bisa benar – benar menghindari masalah pada airnya. Sehingga sudah pasti lebih tenang untuk memakai airnya. Namun jika ternyata terjadi bau comberan, cobalah menggunakan bahan – bahan alami atau kimia berikut ini.

✅Baca Juga:  Inilah Cara Menjernihkan Air Sumur yang Sangat Manjur

Cara Agar Air Sumur Bau Comberan Bisa Hilang

cara menghilangkan bau air sumur

Tidak perlu panik ketika mendapat masalah pada air, karena Anda bisa melakukan beberapa alternative cara menghilangkan bau air comberan yang sangat ampuh juga bisa menjernihkan air sumur. Kali ini Anda akan melibatkan bahan – bahan tertentu untuk menghilangkan baunya.

Banyak orang bertanya air dalam sumur bau dikasih apa. Jika Anda belum tahu apa bahan terbaik yang bisa membantu dalam menghilangkan baunya, pahami beberapa penjelasan tentang bahan berikut.

1.      Atasi dengan Tawas

Ketika mengalami masalah airnya berbau, cobalah untuk memakai tawas sebagai solusinya. Tawas adalah bahan yang banyak dijual sehingga sangat mudah ditemukan. Selain itu tawas juga banyak dipakai tidak hanya untuk mengatasi masalah ini, namun juga menjernihkan air sumur warna kuning.

Pemakaian tawas juga sangat mudah, yaitu hanya perlu mencampurkannya dengan air. Kemudian aduk sampai tawasnya benar – benar larut. Lalu tuangkan ke dalam sumurnya dan biarkan sampai beberapa jam. Cara ini juga bisa diulangi beberapa kali karena cukup aman.

Banyak juga orang bertanya apakah tawas bisa menghilangkan bau pada air. Tentu saja jawabannya bisa. Selain mengurangi kandungan mangan dan besi terlalu banyak, tawas juga bisa membantu mengurangi kadar bakteri yang ada di dalam air sehingga tidak akan bau lagi.

2.      Cara Mengatasi Air Sumur Bau Comberan dengan Kaporit

Namun jika cara mengatasi bau comberan dengan tawas masih belum menyelesaikan masalah, Anda bisa mencoba memakai kaporit. Kaporit juga bisa dibeli dengan mudah karena ada banyak toko yang menjualnya. Misalnya toko bangunan atau sejenisnya.

Cara memakai kaporit adalah dengan mencampurkannya dengan air. Jika memakai bahan ini, Anda hanya perlu mengambil kaporitnya sedikit saja kemudian dicampurkan dengan 1000 liter air. Lalu aduk hingga kaporitnya benar – benar larut.

✅Baca Juga:  Anda Harus Tahu Berapa Lama Air Sumur Bor Baru Bisa Jernih

Namun larutan kaporit ini tidak dituangkan ke dalam sumurnya secara langsung. Tuang larutannya ke penampungan airnya seperti tandon. Kemudian tunggulah selama beberapa jam lebih lama dari pemakaian tawas. Biasanya masalah bau sudah teratasi dengan kaporit ini.

3.      Menggunakan Hydrogen peroksida

Hydrogen peroksida juga bisa digunakan untuk mengatasi bau comberan pada air. Cara ini bisa dibilang sangat mudah dan cukup ampuh. Hydrogen peroksida biasanya berupa cairan yang bisa dibeli di beberapa toko. Hydrogen peroksida biasanya dijual dalam cirigen kecil.

Cara memakainya adalah dengan mencampurkan hydrogen peroksida dengan air. Setelah itu langsung saja tuangkan airnya dengan campuran hydrogen peroksida ke dalam sumur. Biasanya tidak butuh waktu lama sampai airnya bisa kembali berbau normal.

4.      Memanfaatkan Batok kelapa

Juga ada cara lain memakai bahan alami, yaitu dengan batok kelapa. Tetapi batok kelapa ini harus dibakar terlebih dahulu agar menjadi arang. Kali ini Anda akan memanfaatkan kandungan karbon aktif pada hasil pembakaran batok kelapa untuk menghilangkan bakteri di dalam airnya.

Mengatasi masalah ini dengan arang batok kelapa adalah hanya dengan memasukkan batok kelapa ke dalam sumurnya. Setelah itu tunggu selama beberapa hari sampai tidak bau lagi. Cara ini memang membutuhkan waktu lebih lama daripada cara lainnya.

Sebenarnya selain memasukkan beberapa bahan ke dalam sumurnya, Anda bisa mencoba memfilter airnya dengan mesin. Biaya yang akan dikeluarkan memang agak mahal, terutama jika tidak memiliki mesin filternya sendiri.

Namun memakai filter bisa dilakukan ketika semua cara mengatasi bau dengan memasukkan beberapa bahan tersebut tidak berhasil. Jika tidak tahu bagaimana cara memakainya, cobalah meminta bantuan pada ahlinya untuk mengoperasikan mesin filter tersebut.

Setelah mendapat pengetahuan ini, Anda sudah tidak perlu bingung dan tahu harus melakukan apa ketika mendapat masalah air sumur bau comberan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *