Apa perbedaan kelelawar dan codot

Apa Perbedaan Kelelawar dan Codot ?

Banyak yang masih menganggap Kelelawar dan codot adalah hewan yang sama. Walaupun bentuknya sekilas mirip tapi mereka ini hewan yang berbeda. Masyarakat sering menganggap kelelawar sebagai hewan yang merusak. atau bahkan menakutkan karena identik dengan penghisap darah, yang sering di angkat sebagai jelmaan vampire. Mari kita bahasa lebih detail perbedaan kelelawar dan codot

Apa perbedaan kelelawar dan codot ?

Kelelawar dan codot adalah dua jenis hewan yang berbeda. Kelelawar adalah hewan yang termasuk dalam ordo Chiroptera, yang dikenal karena kemampuannya untuk terbang dengan memanfaatkan sayap yang terbuat dari kulit. Sedangkan codot adalah hewan dari famili Pangolin, yang dikenal karena tubuhnya yang dilapisi sisik yang keras dan berbentuk seperti bola.
apa perbedaan kelelawar dan codot selanjutnya adalah jenis makanannya Kelelawar sebagai hewan pemakan serangga yang aktif di malam hari sedangkan codot memakan buah-buahan seperti mangga, pepaya, rambutan dan lain-lain. Hewan ini adalah bersifat nokturnal karena mereka aktif mencari makanan dan bergerak terbang di malam hari.

✅Baca Juga:  Ciri-Ciri Segitiga Lancip

 

Klasifikasi

Menurut hasil Penelitian Suyanto (2001), Indonesia memiliki keanekaragaman jenis kelelawar yang cukup tinggi, lebih dari 205 jenis kelelawar.

Hewan Kelelawar secara biologis dibagi menjadi beberapa famili, yaitu:

Pteropodidae (codot atau kelelawar pemakan buah)
Emballonuridae (kelelawar eko-trubus)
Megadermatidae (vampir palsu)Rhinolophidae (kelelawar-ladam)
Hipposideridae (barong)
Vespertilionidae (kelelawar biasa)
Molossidae (kelelawar bibir-keriput)
Nycteridae (kelelawar muka-cekung)

✅Baca Juga:  Dibawah Ini Merupakan Lagu Yang Berasal Dari Provinsi Jawa Kecuali

Apa yang ditakuti codot?

Apa yang ditakuti codot

Ternyata Codot sangat tidak suka dengan bau belerang, ini pasti bisa digunakan untuk menyingkirkan serangan hewan liar itu dari perkebunan. Dengan membakar belerang sesuai kebutuhan di tempat yang sering dikunjungi oleh hama codot, bau belerang yang menusuk ini akan membuat hama codot menjauhi perkebunan.

Mana yang lebih besar kelelewar atau codot?

Untuk ukuran badan codot memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan kelelawar.  Maka dari itu codot kerap kali ditemui bergelantung di pohon yang tinggi yang ada beberapa buah-buahan. Dari sisi fisiknya codot mempunyai bulu-bulu yang warna seperti kekuning-kuningan atau pirang dan tubuhnya tidak memiliki bau dibandingkan seperti kelelawar. Codot hidup dalam kelompok kecil, umumnya kebanyakan 2 -3 ekor saja, bahkan juga terkadang ditemui cuma sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *