Olahraga Yang Memerlukan Kekuatan Otot Lengan adalah

11 Olahraga Yang Memerlukan Kekuatan Otot Lengan

Berbagai jenis olahraga membantu Anda tetap bugar karena bermain memanfaatkan beberapa otot yang sangat penting dalam tubuh Anda. Ada memang yang olahraga yang memerlukan kekuatan otot lengan lebih dominan dibandingkan jenis olahraga lainnya. Artinya kekuatan lengan mesti bisa dilatih agar maksimal dalam melakukan jenis olahraganya.

Contoh olahraga yang memerlukan kekuatan otot lengan

Berikut ini beberapa  contoh olahraga yang memerlukan kekuatan otot lengan diantaranya adalah:

Olahraga Yang Memerlukan Kekuatan Otot Lengan

1. Angkat besi

Angkat besi adalah olahraga yang sangat efektif untuk meningkatkan kekuatan otot lengan. Olahraga ini melibatkan aktivitas mengangkat beban yang berat, seperti dumbbells, barbells, dan kettlebells. Angkat besi dapat meningkatkan massa otot dan kekuatan otot, serta membantu menurunkan lemak tubuh. Namun, untuk mendapatkan hasil yang optimal dari angkat besi, Anda harus melakukan latihan yang tepat dan rutin. Ini bukan hanya sekedar olahraga tangan, tapi juga akan membantumu untuk menurunkan berat badan, meningkatkan kekuatan tulang, dan mengencangkan otot-otot tubuhmu.

2. Diving

Diving adalah olahraga yang memerlukan kekuatan otot lengan yang baik untuk melakukan gerakan melompat dan mendarat dengan baik. Olahraga ini menuntut otot lengan untuk bekerja keras dalam mengangkat tubuh saat melakukan gerakan melompat, serta untuk menjaga kestabilan saat mendarat.

3. Gymnastics

Gymnastics adalah olahraga yang memerlukan kekuatan otot lengan yang baik, terutama untuk gerakan bar dan rangkaian gerakan lainnya. Olahraga ini menuntut otot lengan untuk bekerja keras dalam menjaga keseimbangan koordinasi, daya tahan, fleksibilitas seperti gerakan senam dan kestabilan saat melakukan gerakan acrobatic yang rumit. Olahraga ini juga meningkatkan keseimbangan, Agar Anda berhasil di bidang Gymnastics , Anda harus memiliki lengan yang sangat kuat yang dapat menopang Anda.

✅Baca Juga:  Kemeriahan Parade Pebalap MotoGP di Istana Merdeka

4. Olahraga Tinju

Olahraga ini memerlukan otot lengan yang kuat karena kamu menggunakan lenganmu untuk memukul dan menghalangi lawanmu. Petinju memerlukan otot lengan yang kuat untuk mengayunkan pukulan yang kuat,

5. Martial Arts

pelaku seni bela diri memerlukan otot lengan yang kuat untuk melakukan berbagai macam jenis serangan, seperti untuk pukulan, pukulan atas, pukulan hook, dll.

6. Baseball

Olahraga ini memerlukan lengan yang kuat untuk melempar dan memukul. Memiliki otot bisep yang kuat sangat ideal untuk pemain bisbol yang menggunakan kekuatan lengan mereka untuk melempar bola dan memukul home run. Setiap kali pemain bisbol melempar bola dengan kecepatan dan jarak yang sangat jauh otot bisep mereka perlu berkontraksi untuk mendorong bola ke depan

7. Tennis

Pemain tennis menggunakan kekuatan lengan mereka untuk memukul bola dengan kekuatan dan akurasi. Latihan yang dapat membantu meningkatkan kekuatan otot lengan untuk olahraga ini adalah melempar latihan, angkat beban, dan berlatih menywing atau memukul. Dalam tenis, pemain menggunakan raket untuk memukul bola lalu berlari bolak-balik melintasi lapangan. Gerakan memukul bola membutuhkan penggunaan kekuatan otot bisep. Otot bisep berkontraksi, memungkinkan lengan mengayun ke depan dengan raket mendorong bola.

8. Berenang

Berenang merupakan olahraga di dalam air yang memerlukan banyak kekuatan otot lengan. Semua gerakan, gaya bebas, gaya dada, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu semuanya menggunakan lengan Anda secara dominan. Lenganmu harus kuat untuk terus maju melalui air dan menjaga teknik yang tepat untuk berenang dengan cepat dan efisien. Oleh sebab itu berenang merupakan salah satu olahraga terbaik untuk menghilangkan lemak ketiak.

✅Baca Juga:  Piala FA dan Liga Premier: 8 hal yang harus diwaspadai akhir pekan ini

9. Basket

Basket adalah permainan kecepatan, kelincahan dan kekuatan melompat. Anda juga harus membuat keputusan cepat, dan menggunakan lengan Anda menggiring bola dan berputar-putar di sekitar pemain bertahan. Ketika Anda menemukan celah dan saat waktunya menembak bola basket kedalam keranjang, atau bahkan mengayun lengan anda untuk melakukan dunk, Otot lengan sangat diperlukan kekuatan otot lengan.

10. Bola voli

Bermain bola voli, Anda harus menggunakan tangan untuk memukul bola ke sisi lapangan lawan. Melakukan smash sekuat tenaga adalah yang paling menunjukkan kekuatan lengan anda. Hal ini menyebabkan tingkat metabolisme Anda meningkat dan menguatkan kondisi tubuh Anda. Ini termasuk olahraga yang paling disukai oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan

11. Bowling

Bowling atau Boling adalah olahraga yang menggunakan bola yang sangat besar dan berat maksimal 7,2 kg  . Jadi, boling sangat membutuhkan kekuatan lenganmu. Namun, risiko dari boling adalah jika kamu hanya fokus pada satu lengan saja, itu bisa membuat satu lengan lebih kuat dari yang lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya ketika kamu boling  dengan satu lengan Anda juga  gunakan lengan yang lain melakukan beberapa latihan angkat beban dengan dumbell untuk menyeimbangkan kedua lenganmu sekaligus.

Itu dia beberapa contoh olahraga yang memerlukan kekuatan otot lengan , dan latihan spesifik yang bisa Anda lakukan untuk melatih kekuatan otot  di lengan Anda . Selain itu, jika Anda ingin membawanya ke level berikutnya, Anda juga dapat memasukkan latihan beban.

✅Baca Juga:  Piala Dunia Biathlon: "Saya Mendekati Kesempurnaan," Ungkap Quentin Fillon

Apa saja latihan otot lengan?

Apa saja latihan otot lengan

Meningkatkan kekuatan otot lengan tentunya perlu latihan rutin, berikut ini beberapa latihan oto lengan yang bisa Anda lakukan.

  1. Bicep Curl: Latihan ini dilakukan dengan mengangkat dumbbell atau barbell dengan posisi tangan terbuka dan menggerakkan lengan ke depan. Ini akan menargetkan otot bicep yang ada di bagian atas lengan.
  2. Tricep Extension: Latihan ini dilakukan dengan meletakkan dumbbell atau barbell di atas kepala dan menurunkannya ke belakang dengan menargetkan otot tricep yang ada di bagian belakang lengan.
  3. Pull-ups : Latihan ini dilakukan dengan menggunakan bar pull up yang terpasang di atas, dengan posisi dada di depan bar dan menarik diri ke atas. Ini akan menargetkan otot dada, bicep dan tricep
  4. Push-up : Latihan ini dilakukan dengan posisi berbaring di atas lantai, dengan tangan dan kaki terlipat, menurunkan tubuh ke lantai dan kembali ke posisi awal, akan menargetkan otot dada, tricep dan lengan
  5. Dips : Latihan ini dilakukan dengan posisi duduk di atas bench atau dip station dengan tangan menopang tubuh dan menurunkan tubuh ke bawah. Ini akan menargetkan otot dada, tricep dan lengan
  6. Chin-ups : Latihan ini dilakukan dengan menggunakan bar pull-up yang terpasang di atas, dengan posisi dada di belakang bar dan menarik diri ke atas. Ini akan menargetkan otot lengan, dada dan bicep.
  7. Arm circles : Latihan ini dilakukan dengan posisi berdiri dengan lengan tertekuk, membuat gerakan lingkaran dengan lengan. Ini akan menargetkan otot lengan, bicep dan tricep

Ingatlah untuk beristirahat dan jangan terlalu keras dalam melakukan latihan kekuatan agar ototmu punya waktu untuk pulih dan berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *