tanda septic tank penuh

Mengenal Tanda Septic Tank Penuh dan Perlu Dibersihkan

Semua orang wajib mengetahui bagaimana tanda septic tank penuh atau tidak. Septic tank menjadi salah satu bagan rumah yang perlu dibersihkan secara berkala. Seperti yang kita tahu, limbah dan kotoran rumah tangga wajib diolah agar tidak mencemari lingkungan sekitar.

Terjadinya penumpukan limbah akan membahayakan saluran air, hal ini berlaku pada septic tank. Tangki harus segera dibersihkan jika sudah muncul tanda-tanda penuh. Pembersihan itu dilakukan dengan memanggil teknisi atau jasa sedot WC agar limbahnya diambil.

Tentu saja penyedia jasa sedot WC memiliki tempat pembuangan limbahnya sendiri. Mereka memiliki standar operasional, sehingga Anda hanya perlu memanggil jasanya jika tangki sudah dalam kondisi penuh. Jangan mencoba membersihkan tangki septic tank sendirian.

Biasanya tangki yang sudah penuh akan menyebabkan saluran pembuangan kotoran menjadi macet atau tersumbat. Akibatnya, muncul bau tidak sedap di lingkungan sekitar. Kesehatan jadi terancam, sehingga kita harus segera membersihkannya ketika gejalanya muncul.

Berapa Lama Tanda Septic Tank Penuh?

Pastinya tempat penampungan septik memiliki batasannya sendiri. Limbah yang sudah ada akan mengendap dan menumpuk seiring berjalannya waktu. Menumpuknya limbah di tempat penampungan akan diketahui, setelah muncul tanda-tanda bocor atau penuh.

Lama waktu septic tank bisa penuh itu bervariasi, tergantung besar volume tangkinya. Secara umum, septic tank harus disedot setiap 3-5 tahun sekali. Tujuannya untuk menghindari tangki yang penuh, agar tidak menyebabkan lingkungan tercemar akibat limbah di dalamnya.

Selain itu, Anda juga bisa merawat saluran pembuangannya agar tetap awet. Namun jika Anda mengalami tanda-tanda itu, sebelum waktu pembersihan pada umumnya. Maka sebaiknya segera cek kondisinya dan membersihkan septic tank secepat mungkin.

✅Baca Juga:  Inilah 5 Cara Mengatasi Air Sumur Bau Comberan yang Ampuh

Selain 3-5 tahun waktu pemakaian, Anda juga harus mengetahui faktor penentu lainnya. Tidak hanya dari volume tangki, melainkan juga orang yang menggunakannya. Pasti tanda tangki penuh bisa muncul lebih cepat jika ada banyak orang yang menggunakannya.

Contoh ketika digunakan 10 anggota keluarga dalam satu hari, tentu tangki bisa penuh dalam waktu cepat. Tidak hanya itu saja, limbah yang sulit terurai juga mempengaruhi septic tank. Hal ini disebabkan oleh penumpukan limbah, sehingga tangki jadi cepat penuh.

Cara Tanda Septic Tank Penuh Diperlambat

Untuk memperlambat tangki agar tidak penuh, sebaiknya hindari pembuangan material yang sulit terurai di dalamnya, seperti kertas toilet, puntung rokok, plastik dan kain. Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan deterjen yang ramah lingkungan

Hal itu diperlukan untuk mengurangi jumlah bahan kimia yang masuk ke dalam tangki septic tank. Dengan melakukan hal itu Anda bisa mengurangi waktu tangki menjadi penuh. Tentunya WC dan kamar mandi jadi lebih lama waktu pemakaiannya karena selalu dijaga.

Selain menghindari material yang sulit terurai dan bahan kimia, Anda juga bisa memperbesar ukuran septic tank. Ketika membangun, perhatikan kondisi rumah dan penghuninya. Pastikan lahan rumah mencukupi untuk ukuran tangki yang besar, agar tidak mencemari lingkungan.

Perhatikan juga berapa total penghuni rumah agar tahu lama waktu pemakaiannya. Semakin banyak penghuni, maka pembuangan limbah juga jadi semakin besar. Dua hal ini perlu Anda pikirkan saat ingin membangun septic tank di lahan pembuangan limbah.

Waktu Sedot Jika Tanda Septic Tank Penuh Muncul

Tentu saja ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan, untuk merawat dan membersihkan septic tank. Langkah pertama yaitu dengan menyedotnya menggunakan jasa sedot WC. Lalu bersihkan bagian dinding menggunakan sikat pembersih (jika tangki bisa diakses).

Waktu yang diperlukan untuk menyedot septic tank itu bervariasi, tergantung ukurannya. Jika septic tank berukuran besar, maka perlu waktu sampai 3 hari. Tapi jika ukuran kecil sebatas tempat tinggal atau rumah, maka waktu sedot septic tank cukup 1 hari saja.

Jika tidak bisa diakses, cukup sedot tangki dan bersihkan salurannya saja sudah cukup. Anda bisa mengganti kloset untuk meningkatkan kelancaran saluran air. Tanda tangki yang penuh biasanya lebih mudah diketahui ketika Anda menggunakan tipe kloset jongkok.

✅Baca Juga:  Cara Menjernihkan Air Sumur Bor yang Kuning dan Berminyak

Selain itu, ada sistem pompa yang bisa menunjukkan tanda-tanda tangki sudah penuh. Semua tangki septic tank pasti memiliki saluran airnya masing-masing. Pastikan saluran air itu tidak tercemar dengan mengetahui tanda tangki penuh dan segera menyedotnya langsung.

Tanda Septic Tank Penuh dan Harus Segera Disedot

Lama waktu septic tank bisa penuh

Pada dasarnya ada beberapa tanda yang bisa dilihat, untuk mengetahui kondisi tangki penuh atau tidak. Anda bisa mengetahuinya secara langsung setelah melihat gejalanya muncul.

Di bawah ini ada ciri septic tank yang perlu diketahui ketika sudah penuh. Berikut ini, beberapa tanda-tanda septic tank sudah penuh :

1.      Air Mengalir Keluar dari Tangki

Tentu tangki bisa merembes atau bocor keluar jika kondisinya sedang penuh. Hal ini juga berlaku pada septic tank yang sudah penuh. Ketika air merembes keluar, tentu lingkungan di sekitar akan tercemar oleh limbah kotoran yang ada di dalam tangki tersebut.

Cara mengatasinya yaitu dengan segera menyedotnya secara langsung. Tanda yang satu ini jarang diketahui, karena gejala-gejalanya hanya terlihat di beberapa kasus saja. Contoh seperti di lingkungan pedesaan dengan tanah lembab.

2.      Tanda Septic Tank Penuh Bau Tidak Sedap Muncul

Munculnya bau tidak sedap juga menjadi penanda bahwa septic tank di rumah Anda sudah penuh. Biasanya toilet duduk dan jongkok yang sudah bau mengindikasikan bahwa tangki penuh. Bau menyengat tidak akan hilang ketika Anda sudah berusaha membersihkannya.

Segera panggil jasa sedot WC untuk segera membersihkan limbah tersebut. Tanda tangki penuh mudah diketahui gejalanya sehingga Anda bisa mengantisipasinya lebih awal.

3.      Jika Menggunakan Pompa, Kinerja jadi Lebih Keras

Toilet pompa pada dasarnya unik, karena jarang ditemukan di rumah dan tempat umum. Mungkin contoh sederhananya, toilet pesawat yang langsung menyedot kotoran ke dalam tangki limbah. Di Jepang beberapa toilet juga menggunakan sistem pompa.

Untuk mengetahui septic tank di rumah sudah penuh atau tidak, Anda bisa melihat dari kinerjanya. Jika terlalu keras menarik, maka tangki bisa saja sudah penuh. Informasi ini bisa Anda pelajari sebagai pengetahuan umum mengenai toilet dan pembuangan limbah.

✅Baca Juga:  Cara Membuat Pengharum Ruangan Alami dan Tahan Lama

4.      Terjadinya Kerusakan di Sistem Drainase

Rusaknya sistem drainase juga bisa dijadikan sebagai sebuah pertanda. Sistem drainase terletak di bagian saluran pembuangan toilet. Lubang atas dan lubang bawah terhubung dengan sistem drainase, jika rusak maka tangki sudah pasti penuh.

Kerusakan ini bisa diindikasikan dengan kemunculan air di bagian toilet. Karena ada titik sumbatan, maka sistem drainase tidak akan bekerja secara optimal. Untuk mengatasinya segera sedot tangki dan bersihkan sistem drainase agar kerusakannya tidak bertambah parah.

5.      Air Toilet Naik ke Permukaan

Ketika tangki penuh, maka air bisa naik ke permukaan toilet. Indikasi lainnya, titik tertinggi air menjadi meningkat karena ada tekanan di bagian bawahnya. Kondisi ini bisa diketahui dengan mudah, sehingga Anda hanya perlu mengawasi volume air toiletnya saja.

Jika volume air masih di bawah standar, maka tangki memiliki ruang untuk limbah. Namun jika volumenya di atas rata-rata, bisa dipastikan bahwa tangki itu sudah penuh.

6.      Muncul Kotoran

Kondisi paling parah ketika tangki sudah dalam keadaan penuh ialah munculnya kotoran. Hal ini pasti akan menyebabkan pengguna WC merasa tidak nyaman. Oleh sebab itu, ada jasa tukang sedot WC yang bisa dipanggil ketika muncul kotoran di kloset.

Sebaiknya kotoran harus segera disiram atau kondisi ruang akan sangat bau. Munculnya bau busuk bisa menyebar sampai ke luar ruangan. Pencemaran ini sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja, apalagi dalam jangka waktu yang lama.

7.      Air di Kloset Lambat Turun

Terakhir yaitu air yang lambat turun ketika disiram. Baik toilet jongkok atau duduk, semua bisa mengalami kondisi penurunan air yang lambat. Akibat dari kondisi ini adalah muncul bau tidak sedap, volume air meningkat dan rembesan terjadi di bagian tangki.

Penyebabnya tentu saja karena sudah tidak cukup ruang di bagian tangki septic tank. Anda harus segera menyedotnya agar saluran air bisa kembali normal. Itulah enam tanda tangki septic tank sudah penuh yang perlu diketahui agar bisa diantisipasi dengan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *