Sikap Lilin Tergolong Gerakan Senam Lantai Melatih

Sikap Lilin Tergolong Gerakan Senam Lantai yang Bertujuan untuk Melatih

Sikap lilin tergolong gerakan senam lantai yang bertujuan untuk melatih kesehatan dan keseimbangan dalam tubuh. Anda pasti pernah mendengar tentang jenis peregangan dan olahraga ringan ini saat mempelajari pelajaran jasmani di sekolah.

Memang dalam kehidupan sehari – hari, sebisa mungkin Anda harus menyempatkan waktu untuk olahraga. Manfaat dari olahraga ini juga sangat banyak mulai dari membantu badan menjadi lebih bugar, membakar kalori, menyehatkan tulang, dan banyak manfaat lainnya.

Namun memang tidak semua jenis olahraga bisa dilakukan. Terutama jika Anda hanya memiliki sedikit waktu untuk berolahraga. Sikap lilin untuk melatih kesehatan ini bisa menjadi alternatif gerakan yang bisa dilakukan dalam waktu singkat.

Namun sebelum melakukan gerakannya, Anda juga harus tahu apa yang dimaksud dengan sikap lilin tersebut. Kemudian pahami juga bagaimana cara melakukannya dengan benar agar tidak salah gerakan dan justru menyebabkan kecelakaan dalam olahraga.

Pengertian Sikap Lilin Tergolong Gerakan Senam Lantai yang Bertujuan untuk Melatih

Setiap jenis gerakan dalam olahraga pasti memiliki langlah atau cara melakukannya dengan benar. Bicara tentang gerakan yang berhubungan dengan tubuh, tentu Anda harus hati – hati, karena jika tidak melakukan cara yang benar bisa saja terjadi hal yang fatal pada tubuh.

Banyak orang bertanya apa yang dimaksud dengan sikap lilin dan bagaimana cara melakukannya? Anda harus paham bahwa sikap lilin  merupakan salah satu gerakan yang membuat manusia memiliki bentuk seperti lilin, itulah mengapa disebut degan gerakan atau sikap lilin.

✅Baca Juga:  Liga Champions UEFA 2022: Manchester United Tersingkir, MU Nol Gelar Lagi

Atau lebih jelasnya, pengertiannya adalah gerakan dengan cara tidur telentang kemudian kedua tangan mengangkat punggung dan kedua kaki lurus ke atas. Lalu Gerakan ini dilakukan dengan cara kedua tangan terus menahan punggung dengan kedua kaki lurus ke atas selama beberapa menit.

Cara Melakukan Sikap Lilin

Sikap Lilin Tergolong Gerakan Senam Lantai yang Bertujuan untuk Melatih

Sikap ini memang sulit dilakukan pada awalnya, namun jika sudah terbiasa maka pasti tidak akan sulit lagi. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan melakukannya secara mandiri atau dibantu orang.

1.      Sikap lilin secara mandiri

Jika tidak ada partner atau teman yang bisa membantu, Anda harus melakukan gerakan ini secara mandiri. Latihan ini juga tidak membutuhkan bantuan alat apapun untuk membuat kaki bisa menjadi lurus ke atas. Namun terdapat satu alat yang bisa digunakan sebagai alas.

Saat Anda ingin mencoba melakukan sikap lilin untuk melatih kesehatan ini, cobalah untuk menyiapkan matras yoga atau matras kecil dan tipis. Tujuannya adalah agar tulang punggung belakang tidak terlalu sakit saat melakukan sikapnya.

Jika tidak ada matras, Anda bisa melakukannya di lantai namun harus tetap berhati – hati. Setelah itu coba ikuti beberapa langkah dalam melakukannya berikut ini.

  • Baringkan tubuh dengan kondisi telentang
  • Rapatkan kedua kaki dan pastikan posisinya lurus
  • Angkat kedua kaki secara bersamaan sambil menjaga posisinya tetap lurus
  • Tekuk perut sampai kedua kaki bisa lurus ke atas
  • Pegang punggung dengan kedua tangan untuk menahan sikapnya
  • Jaga posisi kaki harus tetap tegak, rapat dan lurus ke atas
  • Ulangi gerakannya dan coba bertahan hingga beberapa menit

Melakukan sikap lilin untuk melatih kesehatan ini pada awalnya memang tidak bisa dalam waktu lama. Saat baru berlatih, mungkin saja Anda hanya bisa bertahan tidak sampai 1 menit. Namun beda ceritanya juga sudah terlatih.

✅Baca Juga:  Piala FA dan Liga Premier: 8 hal yang harus diwaspadai akhir pekan ini

Tetapi jika melakukan gerakan ini memang cukup sulit bagi Anda, cobalah berlatih dengan meminta bantuan orang lain.

2.      Sikap lilin dibantu orang lain

Selain secara mandiri atau tanpa bantuan orang lain, Anda juga bisa mencoba latihan ini dengan bantuan partner. Cara ini sangat cocok dilakukan oleh orang yang merasa kesulitan dalam melakukan sikap lilin atau merasa takut saat melakukannya secara mandiri pertama kali.

Melakukan sikap lilin untuk melatih keseimbangan dengan bantuan orang lain bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut.

  • Posisikan tubuh tidur telentang
  • Rapatkan kedua kaki dan luruskan
  • Tekuk perut agar bisa mengangkat kakinya
  • Angkat kedua kaki lurus ke atas
  • Pastikan partner membantu memegangi kedua kaki tersebut
  • Pegang punggung bagian bawah belakan untuk menahan posisinya
  • Partner bisa terus membantu memegang kedua kaki atau boleh melepasnya
  • Tahan sampai beberapa detik atau menit

Tentu tidak sulit dalam melakukan sikap lilin untuk melatih keseimbangan ini jika dibantu orang lain. Namun meskipun dibantu, tetap sediakan matras jika bisa agar tidak merasakan sakit setelah melakukan gerakan tersebut.

Anda bisa melakukannya setiap hari di rumah. Selain tidak membutuhkan tempat besar, Gerakan ini bisa hanya dilakukan beberapa menit saja dan sudah menghasilkan banyak manfaat. Namun masih banyak orang bertanya apa Gerakan ini termasuk dalam senam.

Apakah Sikap Lilin Tergolong Gerakan Senam Lantai yang Bertujuan untuk Melatih

Sikap lilin memang termasuk dalam gerakan senam lantai untuk melatih keseimbangan. Anda juga bisa melihat beberapa atlet senam lantai saat latihan pasti akan mencoba latihan ini. Jadi secara tidak langsung Anda sudah turut melakukan salah satu latihan senam lantai.

Dengan sikap lilin untuk melatih keseimbangan, Anda bisa lebih fleksibel melakukannya. Apalagi tidak ada batasan waktu untuk melakukan gerakan ini. Latihan senam lantai ini bisa dilakukan kapan saja ketika Anda ingin.

✅Baca Juga:  Kiran George, Meiraba Maisnam, Mithun Manjunath memasuki pra-perempat final di Orleans Masters

Namun selain kesehatan dan keseimbangan, sebenarnya ada hal lain pada tubuh yang akan terlatih jika Anda rajin melakukan salah satu latihan senam lantai ini. Coba perhatikan beberapa.

Sikap Lilin Tergolong Gerakan Senam Lantai yang Bertujuan untuk Melatih?

Sikap lilin memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, namun sebenarnya ada hal lain yang akan terlatih jika sering melakukan gerakan ini. Misalnya untuk melatih kelincahan tubuh memperkuat otot lengan dan kaki serta meningkatkan kekuatan jantung dan melancarkan sirkulasi aliran darah

1.      Keseimbangan

Sikap lilin tergolong senam lantai yang bertujuan untuk melatih keseimbangan adalah salah satu bagian yang akan terlatih jika banyak melakukan sikap lilin ini. Hal tersebut karena dengan melakukan gerakan ini, Anda akan berusaha menjaga keseimbangan kedua kaki saat diangkat ke atas.

Sehingga tidak heran jika banyak orang mengatakan sikap lilin akan membantu menjaga kesehatan dan juga keseimbangan.

2.      Sikap lilin tergolong gerakan senam lantai yang bertujuan untuk melatih Otot

Otot juga akan terlatih dengan banyak melakukan sikap lilin ini, terutama otot perut. Hal ini karena secara tidak langsung, saat menekuk perut untuk melakukan sikap lilin, ototnya akan ikut terlatih.

Banyak orang bertanya sikap lilin melatih apa? Memang selain kesehatan dan keseimbangan, otot juga merupakan bagian yang terlatih. Pelatihan terhadap otot perut ini juga ditunjukkan dengan keadaan sakit bagian perut setelah melakukan gerakannya.

3.      Melatih Tulang

Kemudian sikap lilin juga akan melatih kesehatan tulang, terutama leher. Namun untuk mendapatkan manfaat ini, pastikan Anda rutin melakukannya setiap hari dengan hitungan waktu minimal 3 menit dalam 1 hari.

Setelah memahami apa saja bagian dari tubuh yang akan terlatih dengan gerakan ini, pasti Anda ingin terus melakukannya. Apalagi sikap lilin tergolong gerakan senam lantai yang bertujuan untuk melatih kesehatan dan keseimbangan ini sangat mudah dilakukan oleh siapa saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *