cara menjernihkan air yang Kuning dan Berminyak

Cara Menjernihkan Air Sumur Bor yang Kuning dan Berminyak

Memahami cara menjernihkan air sumur bor yang kuning dan berminyak tentu harus dilakukan. Apalagi jika Anda memiliki sumber sumur untuk memenuhi kebutuhan air sehari – hari di rumah. Tujuannya adalah agar tidak bingung saat mendapatkan masalah seperti ini.

Sudah sangat wajar jika tiba – tiba air dari sumur berubah warna menjadi kuning dan terlihat berminyak. Memang ada beberapa alasan yang membuat keadaan airnya menjadi seperti itu. Bahkan ada banyak sekali masyarakat di Indonesia yang pernah mengalami hal tersebut.

Jadi ketika sudah berencana mengebor sumur, pastikan Anda juga langsung mempelajari cara mengatasi sumur yang airnya tiba – tiba berubah warna jadi kuning serta berminyak. Tentu saja semua cara ini pasti tersedia di internet.

Namun selain memahami bagaimana cara mengatasi kondisi air yang tidak bagus, sebaiknya Anda juga memahami terlebih dahulu apa penyebabnya sehingga airnya di dalam sumur bor berubah menjadi warna kuning dan bahkan sampai berminyak.

Penyebab dan Cara Menjernihkan Air Sumur Bor yang Kuning dan Berminyak

Menjernihkan Air Sumur Bor yang Kuning dan Berminyak

Mungkin Anda bertanya – tanya mengapa semula airnya di dalam sumurnya berwarna jernih namun tiba – tiba menjadi kuning. Penyebab air sumur bor kuning dan berminyak ini memang sesaat setelah dibor, sumber mata air seperti sumur akan mengeluarkan air jernih dan membuat pemiliknya tenang.

Namun sebenarnya kondisi ini disebabkan oleh kandungan besi dan mangan yang terlalu banyak dalam airnya. Memang sudah sewajarnya air memiliki kandungan tersebut, namun jika terlalu banyak pasti tidak baik juga. Berminyak juga menjadi ciri – ciri kebanyakan mangan.

✅Baca Juga:  Inilah Cara Menjernihkan Air Sumur yang Sangat Manjur

Setelah mengalami kondisi seperti ini, pastikan Anda langsung melakukan beberapa tips untuk mengatasinya. Terdapat beberapa cara yang menggunakan bahan alami dan ada juga yang memerlukan alat canggih untuk filter.

Pemilihan cara penjernihan tersebut bisa tergantung pada Anda. Jika ingin menjernihkan air berwarna kuning dan juga berminyak pada sumur bor dengan harga murah, cobalah memakai bahan – bahan alami seperti tawas dan sabut kelapa sebagai solusi air sumur bor kuning.

Hal yang Perlu Dilakukan Dalam Menjernihkan Air Sumur Bor yang Kuning dan Berminyak

Selain berwarna kuning, terkadang masalah lainnya yang muncul adalah airnya berbau besi. Hal ini disebabkan oleh kandungan besi atau Fe terlalu banyak. Tidak hanya menimbulkan bau tidak enak, namun jika kandungan besinya terlalu banyak juga pasti akan mengganggu Kesehatan.

Hal ini akan menjadi masalah terutama jika Anda memakai airnya untuk kebutuhan minum setiap hari. Jadi saat ciri – ciri air tidak bagus dalam sumur bor ini muncul, langsung saja lakukan cara untuk menjernihkan air dalam sumur bor yang berwarna kuning serta berminyak dengan beberapa langkah.

Jika Anda tidak tahu bagaimana cara tepatnya, coba perhatikan beberapa penjelasannya berikut ini. Kemudian ikuti setiap langkah – langkahnya dengan benar agar Anda bisa menjernihkan airnya tanpa ada kegagalan.

Cara Menjernihkan Air Sumur Bor yang Kuning dan Berminyak

Setelah memahami apa saja alasan mengapa airnya menjadi warna kuning serta berminyak, Anda seharusnya paham bahwa cara untuk mengatasinya adalah dengan mengurangi kadar mangan dan besi dalam airnya. Hal ini bisa dilakukan dengan memakai bahan – bahan tertentu.

Banyak orang bertanya bagaimana cara mengatasi air sumur yang kuning? Sebaiknya Anda langsung mencoba beberapa caranya berikut ini.

✅Baca Juga:  Inilah 5 Cara Mengatasi Air Sumur Bau Comberan yang Ampuh

1.      Tips menjernihkan air sumur bor yang kuning dan berminyak memakai tawas

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memakai tawas. Tawas adalah bahan mirip dengan gula batu namun bentuknya tidak beraturan. Warnanya juga mirip dengan gula, sehingga Anda pasti mudah membedakannya dengan bahan alami penjernih lainnya.

Penggunaan tawas sangat sering dilakukan oleh orang – orang. Selain karena harganya cukup terjangkau, tawas juga mudah ditemukan di banyak toko. Selain itu cara memakainya untuk menjernihkan juga sangat mudah dilakukan.

Caranya adalah dengan mencampurkan tawas dengan air terlebih dahulu. Anda harus menggunakan wadah seperti ember atau lainnya. Kemudian aduk sampai tawasnya larut dengan pengaduk. Sebaiknya hindari mengaduk dengan tangan untuk berjaga – jaga.

Setelah itu tuangkan ke dalam sumurnya dan tunggu selama beberapa jam. Biasanya saat memakai tawas, waktu tunggunya adalah sekitar 3 jam. Namun jika masih belum berhasil, Anda bisa mengulang lagi.

2.      Memakai sabut kelapa

Selain tawas, memakai sabut kelapa juga bisa dilakukan. Meskipun saat memakai sabut kelapa ini, Anda harus menunggu lama sampai beberapa hari. Hal ini karena sabut kelapa tidak bekerja atau bereaksi lebih cepat daripada tawas. Namun memakai sabut kelapa ini juga cukup ampuh.

Cara membersihkan airnya agar kembali jernih dengan sabut kelapa yaitu dengan menumpuk sabut kelapanya. Jadi carilah terlebih dahulu beberapa sabut kelapa. Tumpuk menjadi 1 lalu ikat dengan tali. Setelah itu masukkan ke dalam sumur bornya.

Pastikan sabut kelapa ini benar – benar masuk ke sumurnya. Sabut kelapa memang memiliki sifat sangat ringan sehingga tidak heran jika mengambang. Namun Anda bisa mengatasinya dengan cara meletakkan pemberat di bawah tumpukan sabut kelapa, misalnya batu.

3.      Memakai arang tempurung kelapa

Banyak orang bertanya kenapa air sumur warnanya kuning? Hal ini karena kandungan mangan dan besi. Namun setelah memahami alasan kenapa airnya sampai berwarna kuning, Anda bisa langsung menggunakan arang tempurung kelapa sebagai salah satu solusi permasalahan dalam cara menjernihkan air sumur.

✅Baca Juga:  Anda Harus Tahu Berapa Lama Air Sumur Bor Baru Bisa Jernih

Memang, selain memakai sabut kelapa Anda juga bisa memakai arang tempurung kelapa. Hal ini karena bahan karbon aktif dari arang tempurung kelapa justru akan membantu mengurangi kadar mangan dan besi. Tetapi Anda juga harus tahu bagaimana cara memakai arangnya.

Mulai tips ini dengan mencari tempurung kelapa terlebih dulu dalam jumlah banyak. Jika sulit menemukannya, biasanya tempurung kelapa ini bisa dicari di pasar atau di daerah desa. Minta tempurung kelapa pada penjual pasar sebanyak mungkin untuk dibakar.

Kemudian siapkan pembakaran dan bakar tempurungnya sampai seperti arang. Setelah itu biarkan suhunya dingin terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam sumur. Arang tempurung kelapa hanya perlu dilemparkan ke dalam sumur dan ditunggu beberapa hari.

4.      Memfilter air

Lalu juga masih ada tips lainnya secara modern, yaitu dengan memfilter airnya. Untuk melakukan hal ini, Anda harus memiliki mesin filter, atau bisa juga dengan menyewa mesin filter kepada ahli penguras sumur bor.

Jika tidak tahu bagaimana menggunakan mesin filternya, langsung saja minta bantuan pada orang lain yang lebih paham bagaimana caranya. Biasanya dengan memakai mesin filter, proses penjernihan akan lebih cepat dilakukan daripada menggunakan cara lainnya.

Sebenarnya juga ada cara untuk menjernihkan air dalam sumur yang kuning secara tradisional, yaitu dengan memakai batu gamping, kerikil dan beberapa bahan lainnya. Namun di zaman ini, filter secara tradisional sudah sangat jarang dilakukan. Orang lebih banyak memilih mesin filter modern karena prosesnya lebih cepat dan tidak membuat lelah.

Ketika mengalami sumur menguning dan bahkan sampai bau besi. Anda tidak perlu panik karena sudah tahu cara menjernihkan air sumur bor yang kuning dan berminyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *