Inilah Cara Menjernihkan Air Sumur yang Sangat Manjur

Anda harus tahu bagaimana cara menjernihkan air sumur yang sangat manjur. Jika air dari sumber sumur bermasalah seperti misalnya tidak jernih, bau, atau masalah lainnya tentu harus diatasi. Terutama jika memang di dalam rumah airnya menggunakan sumber dari sumur.

Air adalah bagian yang sangat penting dalam kehidupan. Dengan adanya air, Anda bisa mandi, cuci baju, bahkan terkadang ada yang airnya direbus dan digunakan untuk minum. Namun jika ada masalah dengan airnya tentu hal tersebut tidak bagus karena akan sangat mengganggu.

Namun jika Anda tahu bagaimana tips untuk menjernihkannya, tentu jika ada masalah seperti itu tidak akan menjadi beban pikiran lagi. Saat mandi menjadi tidak takut dengan sakit kulit karena airnya kotor, kemudian juga tidak perlu takut meminum air putih yang tidak jernih.

Terdapat beberapa panduan cara untuk menjernihkan airnya yang berasal dari sumber sumur. Perhatikan beberapa penjelasannya berikut ini jika Anda masih belum belajar bagaimana cara untuk menjernihkannya.

Cara Menjernihkan Air Sumur Bor yang Kuning dan Berminyak

Cara Menjernihkan Air Sumur Bor yang Kuning dan Berminyak

Di Indonesia terdapat berbagai macam sumber air yang bisa digunakan untuk keperluan sehari – hari. Sumur adalah salah satu jenis sumbernya. Memang saat ini banyak sekali yang memakai sumur karena bisa bor sendiri dan pemakaiannya bebas tanpa harus terikat dengan biaya.

Namun tidak semua sumber air tersebut bisa langsung digunakan dalam keadaan jernih. Apalagi jika sampai ada masalah seperti airnya kuning dan berminyak. Jika hal itu terjadi, coba lakukan beberapa tips ini.

✅Baca Juga:  Anda Harus Tahu Berapa Lama Air Sumur Bor Baru Bisa Jernih

1.      Menguras sumur

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menguras sumurnya. Terkadang sumber ini bisa saja menjadi kotor karena sudah lama tidak dikuras. Sehingga ada banyak lumut atau banyak komponen lainnya yang mengotori airnya, sehingga membuatnya tidak jadi jernih lagi.

Kegiatan menguras ini memang membutuhkan waktu dan tenaga. Apalagi semakin dalam sumurnya, pasti akan semakin melelahkan. Itu sebabnya, sebaiknya Anda meminta bantuan kepada orang lain agar bisa ikut mengurasnya.

Jika ingin menguras sumurnya secara manual, Anda membutuhkan peralatan seperti sikat dan ember untuk mengeluarkan airnya. Namun saat ini sudah ada beberapa peralatan canggih penguras yang bisa digunakan sehingga tidak perlu terlalu capek dalam menguras sumurnya.

Atau agar lebih mudah lagi, Anda bisa menyerahkan proses menguras sumur ini kepada ahlinya. Apalagi saat ini ada banyak jasa penguras yang bisa dipesan dengan mudah baik secara online atau offline. Namun jika masih tidak menyelesaikan masalah, coba cara lainnya.

2.      Menggunakan bahan alami seperti tawas

Bisa dibilang, dibanding menguras sumurnya orang – orang lebih memilih cara memakai bahan alami. Hal ini karena dengan memakai bahan alami, mereka hanya perlu memasukkan bahan tersebut ke sumurnya.

Banyak orang bertanya untuk menjernihkan air dalam sumur pakai apa? Bahan alami paling ampuh untuk hal ini adalah tawas. Pasti Anda sudah tidak asing dengan nama bahan ini, tentu saja hal tersebut karena ada banyak orang memakainya dan menjualnya di beberapa toko bangunan.

Apalagi pemakaian tawas bisa dilakukan beberapa kali. Anda bisa mencoba pemakaian tawas dengan jumlah 1 kg terlebih dulu. Namun tawas ini jangan langsung dimasukkan ke dalam sumurnya. Campurkan dulu dengan air biasa dengan cara diaduk di dalam ember atau wadah.

✅Baca Juga:  Cara Menjernihkan Air Sumur Bor yang Kuning dan Berminyak

Baru setelah itu tuangkan larutan tawas ke dalam sumurnya. Tunggulah sampai 3 jam karena itulah waktu penjernihan air hingga bisa jernih lagi. Kemudian jika tips memakai tawas ini belum bisa, ulangi langkah melarutkan tawas di dalam wadah dengan jumlah sama.

3.      Cara menjernihkan air sumur menggunakan kaporit

Jika sudah putus asa dengan pemakaian tawas atau ada masalah berupa airnya bau comberan, Anda bisa mencoba memakai bahan kaporit.

Tetapi ada hal yang perlu diperhatikan ketika mencoba membersihkan isi sumurnya dengan kaporit ini, yaitu pemakaiannya tidak boleh berlebihan karena berbahaya untuk kesehatan. Jika dibandingkan dengan tawas, memang bahan kaporit ini tidak terlalu disarankan untuk dipakai.

Namun jika Anda masih ingin memakai kaporit, coba gunakan hanya 1 sendok saja. Kemudian campurkan bahan kaporit dengan 1000 liter air. Atau agar lebih aman lagi, coba gunakan bahan lainnya bersamaan dengan kaporit. Misalnya dicampur dengan tawas atau batu gamping putih.

Banyak orang juga bertanya bagaimana cara untuk menjernihkan air yang keruh? Memakai kaporit ini juga bisa menjadi solusi terbaiknya. Namun saat memakai kaporit, larutannya tidak dituangkan ke sumurnya, tetapi dituang ke penampungan airnya seperti tandon dan lainnya.

4.      Jernihkan air sumur dengan menggunakan ijuk

Ternyata masih terdapat bahan alami lainnya yang bisa dipakai untuk menjernihkan air di sumur, yaitu ijuk. Ijuk adalah serat pohon yang biasanya dipakai untuk membuat sapu ijuk atau sapu lidi. Meskipun tidak banyak orang memakainya, namun cara ini juga patut Anda coba untuk sumur.

Apalagi jika dibandingkan dengan kaporit, menjernihkan dengan ijuk atau bahan alami sabut kelapa ini masih bisa dibilang aman. Namun kebanyakan orang yang sudah pernah memakai cara ini mengatakan memakai ijuk sebaiknya hanya untuk sumur yang keruhnya tidak terlalu parah.

✅Baca Juga:  Cara Membuat Pengharum Ruangan Alami dan Tahan Lama

Caranya adalah dengan menemukan serat kelapa dalam jumlah banyak. Kemudian tumpukkan beberapa serat tersebut dan ikat dengan tali. Di bagian serat kelapa paling bawah, coba letakkan batu agar serat kelapanya tidak mengapung. Lalu masukkan tumpukan serat ke sumur.

Memakai serat kelapa dalam hal ini bisa dibilang sangat mudah dilakukan. Meskipun untuk menemukan bahannya harus mencari serat kelapa terlebih dulu. Jika punya pohon kelapa sendiri tentu hal ini sangat mudah dilakukan, atau Anda juga bisa memintanya pada orang lain.

Namun beberapa cara tersebut membutuhkan waktu yang berbeda – beda untuk mengembalikan airnya menjadi jernih kembali.

Berapa Lama Cara Menjernihkan Air Sumur Bor?

Cara Menjernihkan Air SumurJika menggunakan cara manual, Anda bisa membersihkannya dalam waktu beberapa hari. Namun jika menggunakan bahan alami, agar air dalam sumur bor bisa kembali jernih akan membutuhkan waktu selama kurang lebih 3 jam.

Namun ada juga yang waktu kembalinya membutuhkan beberapa hari, misalnya seperti bahan ijuk. Lain halnya jika sumurnya bau comberan, tentu harus ada perlakuan lain yang harus dilakukan.

Cara Menjernihkan Air Sumur Bau Comberan

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti pipa sumurnya. Namun jika tidak memiliki keahlian dalam mengganti pipa, sebaiknya minta bantuan pada tukang bangunan atau pipa saja.

Banyak orang bertanya bagaimana cara supaya air sumur jernih dan tidak bau? Selain melakukan beberapa cara sebelumnya, Anda juga bisa mencoba mengganti pipa ini. Terutama jika ada masalah berupa kebocoran pada pipanya.

Kebocoran pipa bisa saja menimbulkan bau comberan. Jadi cara ini bisa menjadi langkah terakhir jika cara lainnya tidak berhasil.

Setelah memahami berbagai langkah untuk menjernihkan airnya, tentu Anda bisa menjadi lebih tenang ketika menghadapi masalah pada sumurnya. Itu sebabnya pengetahuan cara menjernihkan air sumur ini cukup penting untuk dipelajari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *